Senin, 10 Juni 2019

Inilah Bahaya Sering Menahan Kentut

Menahan kentut hendaknya dihindari, kecuali apabila Kamu berada di tengah tak sedikit orang.

Hanya saja yang penting diketahui yaitu terlalu tak jarang menahan kentut bisa berbahaya. Pada dasarnya kentut adalah udara yang terjebak di dalam perut.Jenis makanan semacam kol dan bawang putih mengandung karbohidrat yang lumayan susah terserap sempurna jadi memicu pembentukan gas mengandung sulfur di dalam pencernaan. Faktor inilah yang nantinya menyebabkan kentut berbau.

Inilah Bahaya Sering Menahan Kentut

Umumnya orang kentut setidak sedikit 13-21 kali dalam sehari. Angka ini termasuk normal. Sebetulnya kentut dengan frekuensi normal menandakan sistem pencernaan bermanfaat dengan baik.

Sesekali menahan gas (kentut) tampaknya tak memunculkan bahaya kesehatan, tapi pastinya Kamu merasa tak enjoy kan?

Hindari terlalu tak jarang menahan kentut sebab akibatnya bisa menyebabkan persoalan pencernaan, perut kembung, perut tak enjoy dan perut menjadi cenderung panas.

Terlalu lama dan tak jarang menahan kentut bisa menyebabkan usus menggelembung (akibat penyumbatan gas). Faktor ini bisa membahayakan tahap tubuh tersebut.

Menahan kentut berpotensi menyebabkan tekanan dari gas yang sewajibnya dikeluarkan, gas nantinya berpencar (menuju) tahap-bagian lain di dalam tubuh.

Hal ini bisa berakibat kurang baik pada organ tubuh, salah satunya yaitu usus. Dimana penumpukan berlebih gas bakal melemahkan dinding usus dan menyebabkan munculnya tonjolan di lapisan mukosa usus (diverticula).

Keadaan bisa sangat berbahaya apabila kantong/tonjolan di lapisan mukosa usus tersebut bisa hingga memunculkan infeksi.

Infeksi Diverticulosis
Diverticulitis adalah kondisi infeksi dimana sebelumnya terjadi kemunculan tonjolan di saluran pencernaan. Kondisi ini mengakibatkan rasa sakit pada perut, rasa mual (ingin mutah), demam dan gangguan BAB.

Bisa dikatakan infeksi diverticulitis diawali dari pembentukan kantung-kantung di lapisan usus besar.

Apabila kantung alias tonjolan tersebut pecah menyebabkan limbah usus tumpah ke dalam perut, yang kemudian selesaiiko mengakibatkan peritonitis.

Peritonitis berpotensi mengancam jiwa, penyakit ini terjadi sebab kebocoran di usus. Akibat gejala yang bakal dirasakan akibat peritonitis yaitu rasa nyeri, demam, otot perut kaku, mual, dan muntah.

Penyakit Wasir
Kebiasaan menahan kentut selesaiiko menyebabkan penyakit wasir. Dimana menahan kentut bakal membikin Kamu tak enjoy, dan memunculkan tekanan alias gerakan berlebihan di tahap organ dubur.

Hal tersebut menyebabkan otot-otot di dubur menjadi tegang yang kemudian menyebabkan pelebaran pembuluh darah, faktor inilah yang memicu wasir.

Wasir bisa dikatakan sebuahpersoalan pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar.

Akibat kurang baik lainnya dari menahan kentut yaitu resiko masuknya gas ke dalam pembuluh darah (yang ada di dinding usus), apabila ini terjadi maka gas bisa menyebar ke seluruh tubuh, itu artinya tubuh keracunan gas.

Cara Mencegah Kentut Terlalu BauSecara umum, berbagai makanan “terkurang baik” penyebab gas yaitu:

Kacang
Kacang mengandung sejenis karbohidrat yang disebut polisakarida, yang mudah fermentasi begitu masuk ke usus.

Bakteri yang ada di usus nasib dari karbohidrat ini, yang menyebabkan fermentasi dan peningkatan gas.

Tapi Kamu sebetulnya tak butuh menghindari konsumsi kacang polong alias tipe kacang lainnya. Merendamnya semalaman sebelum dimasak menolong membikinnya lebih mudah dicerna.

Susu
Intoleransi laktosa adalah persoalan pencernaan yang umum terjadi. Tak sedikit orang yang tak menyadari bahwa tubuhnya tak sanggup dengan sempurna untuk mencerna makanan yang mengandung susu, keju, yoghurt alias produk susu.

Susu dan produk susu mengandung konsentrasi tinggi laktosa yang susah dipecah. Kamu bisa membatasi konsumsi susu dan produk makanan mengandung susu.Sayuran yang Mengandung Belerang
Berbagai tipe sayuran yang mengandung karbohidrat dan belerang cenderung menyebabkan gas berlebih semacam kembang kol, brokoli, kubis, kubis Brussel dan kale.

Batasi konsumsi tipe sayuran-sayuaran tersebut.

Tepung, Makanan Berserat Tinggi
Tidak lebihi berbagai tipe makanan semacam kentang, biji-bijian, jagung dan buncis. Makanan-makanan tersebut mesikipun kaya serat namun bisa menambah gas.

Jenis makanan lainnya yang konsumsinya butuh ditidak lebihi:
Makanan yang juga susah dipecah di pencernaan yaitu bawang, bawang putih, gandum, susu, kacang polong.
Makanan olahan dan berlemak tinggi.

Hal Lainnya

Jenis mutlak gas yang terperangkap di dalam tubuh dan menyebabkan perut kembung adalah nitrogen. Nitrogen menyumbang kurang lebih 20-90 persen dari semua gas yang menyebabkan kentut. Tipe gas lainnya yaitu hidrogen, karbondioksida, metana dan oksigen.

Berbagai senyawa yang terkait belerang berkontribusi pada intensitas aroma kentut semacam hidrogen sulfida, dimetil sulfida dan metanethiol.

Adapun berbagai penyebab gas menumpuk di dalam tubuh yaitu:
Tidak jarang menelan udara
Perubahan mikroflora
Konstipasi
Intoleransi makanan
Gangguan pencernaan
Fermentasi bakteri di dalam usus

0 komentar:

Posting Komentar