Minggu, 08 Maret 2020

Langkah-langkah Pinjam Uang di Amartha


Pada Mei 2019 lalu, PT Amarta Mikro Fintek (Amartha) telah mendapat izin dari Perusahaan Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan pinjam uang online yang terpercaya dan aman. Amartha memiliki visi misi memajukan perekonomian para pelaku bisnis mikro di Indonesia agar pertumbuhan ekonomi merata. Amartha menggunakan sistem model P2PL atau Peer to Peer Lending yang merupakan platform pinjaman berupa uang modal usaha yang dilakukan secara online.

Artinya, pelaku usaha yang membutuhkan pinjaman modal usaha akan terhubung langsung dengan pemodal yang akan memberikan pinjaman menguntungkan dibandingkan pinjaman melalui cara-cara konvensional. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 ini memula model bisnis pendanaan microfinance-nya berbentuk peer to peer lending ini sejak tahun 2016.

Langkah-langkah Pinjam Uang di Amartha

Amartha memberikan akses modal untuk para perempuan tangguh yang memiliki usaha, para pebisnis kecil dan mikro yang berada di pelosok pedesaan. Tak hanya pelaku bisnis yang diuntungkan dengan pendanaan modal usaha, keuntungan juga didapatkan oleh para pemodal atau pendana. Karena dengan sistem peer to peer lending akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi inklusif sehingga tercipta pemerataan ekonomi serta terjaminnya kesejahteraan keluarga.

Langkah-langkah pinjaman uang di Amartha sebagai berikut pertama, membentuk kelompok. Kelompok terdiri 15-20 orang dengan alamat yang berdekatan. Bisa tetangga, keluarga maupun orang-orang sekitar rumah Anda. Kemudian kelompok tersebut nantinya wajib mengikuti pelatihan untuk membangun komitmen tanggung renteng yakni apabila satu orang mengalami kesulitan pembayaran, maka satu kelompok tersebut akan menanggung jumlah pembayaran beserta denda dan bunganya.

Hal ini dilakukan agar peminjam memiliki komitmen tinggi untuk memanfaatkan pinjaman uang sebaik mungkin dan membayar cicilan tepat waktu serta saling menyemangati dan mengingatkan antar anggota satu dengan lainnya agar tidak telat membayar cicilan. Kedua, setelah mengikuti pelatihan, Anda akan menerima dana pinjaman. Namun, sebelumnya harus mengajukan pendanaan yang didasari dengan rencana usaha serta profil calon peminjam. Kemudian data-data tersebut akan dievaluasi berdasarkan skor kredit. Pengajuan akan ditampilkan melalui marketplace usai penyetujuan dan akad hutang akan difasilitasi Amartha setelah semuanya selesai terdanai.

Ketiga, akan diadakan pertemuan mingguan selama masa pinjaman uang. Peminjam diwajibkan mengikuti setiap pertemuan kelompok mingguan yang difasilitasi oleh Amartha dengan materi-materi bermanfaat seputar pengelolaan uang yang baik dan benar, mendisiplinkan diri agar tujuan perekonomian tercapai, serta tips-tips memajukan usaha yang sudah dibangun dan mengembangkannya dengan baik. Sehingga peminjam tak hanya mendapatkan uang namun juga ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis peminjam. Hal ini dilakukan agar uang yang diberikan tidak disalahgunakan dan sesuai dengan tujuan memajukan perekonomian Indonesia.