Rabu, 23 September 2020

Tips Melakukan Perawatan Pasca Stroke yang Baik dan Benar

Penyumbatan pembuluh darah memang bisa menjadi masalah yang fatal jika tidak segera ditangani, selain bisa memicu penyakit jantung, hal ini juga sangat mungkin menyebabkan stroke. Salah satu masalah kesehatan yang pastinya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan. Apalagi jika dilihat jumlah dari pasien yang menderita penyakit ini juga terbilang begitu banyak. Bukan hanya orang-orang lanjut usia saja, melainkan tak jarang diantaranya adalah anak muda. Penyebabnya tak lain adalah gaya hidup yang tidak sehat. Tak cukup hanya dengan sekali perawatan saja, melainkan harus ada perawatan pasca stroke yang berkelanjutan untuk mengatasinya.

 

Penyakit yang satu ini memang sering kali mengurangi kualitas hidup penderitanya. Karena sejak serangan pertama bagian tubuh akan mengalami kelumpuhan. Bahkan tak jarang juga yang merasakan kelumpuhan tersebut di seluruh tubuhnya. Sehingga membuat mereka juga tidak bisa melakukan kegiatan apapun, kehilangan kemampuan bergerak, bicara bahkan juga ingatannya. Sehingga hanya dapat terbaring di atas ranjang. Pasalnya memang sangat sulit untuk menyembuhkannya secara menyeluruh seperti sedia kala.

 

Tips Melakukan Perawatan Pasca Stroke yang Baik dan Benar

Hanya saja tetap ada pemulihan yang nantinya dapat dilakukan untuk pasien stroke, setidaknya hal ini akan meningkatkan kualitas hidup dari penderitanya tersebut, meskipun tidak akan kembali seratus persen seperti sedia kala. Lalu bagaimanakah tips untuk merawat pasien stroke ini? berikut diantaranya yang bisa Anda terapkan, yaitu:

 

  1. Pastikan mereka untuk mengonsumsi obatnya secara teratur, pemberian obat-obatan ini adalah hal yang penting untuk menjaga agar nantinya pembuluh darah bisa melebar dan aliran darah juga tetap lancar menuju otak, mengantisipasi agar nantinya tidak terjadi serangan stroke yang kedua. Sehingga harus dipastikan pasien mengonsumsi obatnya secara rutin.

  2. Mewaspadai kemungkinan depresi pada pasiennya, karena serangan penyakit ini membuat mereka tidak bisa melakukan segala sesuatunya seperti sedia kala. Maka besar kemungkinan pasien stroke juga akan mengalami depresi, jika sudah semacam ini maka kemungkinan penyembuhan juga jadi semakin sulit dilakukan. untuk itu saat merawatnya diupayakan juga menjaga mereka akan tidak sampai depresi, jika perlu konsultasikan dengan dokter.

  3. Pastikan mereka juga menjalani terapi secara rutin, ada beberapa jenis terapi yang bisa rutin dilakukan untuk mengoptimalkan penyembuhan dari pasien stroke ini, mulai dari fisioterapi, terapi komunikasi dan lain sebagainya. Yaitu dengan datang ke rumah sakit secara rutin sesuai dengan jadwalnya atau lebih mudah juga dapat dilakukan di rumah. Caranya adalah dengan menggunakan layanan home care dimana nantinya pihak perawatan yang akan datang ke rumah, ini akan jauh lebih praktis tentunya.

  4. Tetap sabar, memang butuh waktu yang lama dalam merawat pasien stroke ini. hal tersebut juga harus diimbangi dengan kesabaran, karena jika tidak Anda sendiri yang nantinya akan stres atau depresi. Hal ini nantinya juga akan membawa pengaruh buruk pada pasien tersebut.

  5. Sesekali ajak keluar rumah untuk jalan-jalan, cara yang satu ini nyatanya sangatlah efektif untuk membuat pasien tersebut nantinya tidak akan stres atau depresi. Rajin-rajin juga mengajak pasien tersebut untuk berkomunikasi dan bercanda agar bisa membuatnya bahagia.

 

Gampang-gampang sulit memang melakukan perawatan pasca stroke di rumah, untuk itu Anda bisa menggunakan jasa seorang terapis dan juga perawat untuk membantu menunjang hal tersebut. Untuk jasanya bisa Anda cari lewat Aido Health, tawaran biaya juga transparan ditampilkan disana.